Tipe - Tipe Jailbreak dan Istilah Umum

Tipe - Tipe Jailbreak dan Istilah Umum

 

Semi-Tethered Jailbreak - Copyright Gadgethacks


Ada beberapa metode yang bisa dilakukan saat menjailbreak, dan perkembangan ini terus berjalan seiring dengan waktu. Namun pada umumnya jailbreak saat ini hanya tersedia dalam semi-tethered. Contohnya seperti checkra1n dan unc0ver. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis-jenis jailbreak dan istilah umum, kita akan membahasnya dibawah!


Jenis-Jenis Jailbreak

1. Untethered Jailbreak

Untethered Jailbreak adalah jenis jailbreak yang sangat kuat karena jailbreak jenis ini tidak akan hilang jika user melakukan reboot/restart devicenya. Kata untethered kita dapat artikan tidak memerlukan sambungan ke komputer. Yang berarti jenis jailbreak ini tidak memerlukan bantuan device lain, dan dapat dilakukan secara langsung di device yang akan di jailbreak. Namun jenis jailbreak ini efektif di jenis iPhone lama seperti iPhone, iPod Touch, iPhone 3G, dan iPhone 3GS atau iPod Touch 2nd Gen yang menggunakan bootroom exploit yang dikenal dengan nama Pwnage 2.0, 0x24000 Segment Overflow, and alloc8

2. Semi-Untethered Jailbreak

Jenis jailbreak ini mirip dengan Untethered Jailbreak namun jika device di reboot, status jailbreak akan hilang dan device akan kembali ke original state/non-jailbroken. Akan tetapi jailbreak dapat dilakukan lagi dengan bantuan aplikasi yang sudah di inject ke device dengan bantuan tool seperti Cydia Impactor(masih dalam perbaikan). Biasanya jenis jailbreak ini perlu di koneksikan ke komputer setiap 6/7 hari karena batatan Apple untuk signing aplikasi. Jenis jailbreak ini populer di iOS 9, pada saat itu jailbreak pun dapat dilakukan lewat Safari, dan tidak kalah unc0ver dan Chimera juga menerapkan tipe jailbreak ini.

3. Semi-Tethered Jailbreak

Semi-Tethered seperti namanya jenis jailbreak ini perlu koneksi ke komputer untuk di jailbreak, dan dapat kehilangan status jailbreaknya jika user me-reboot devicenya. Tidak seperti tethered jailbreak yang tidak dapat dihidupkan lagi jika device pernah mati/reboot. Seperti checkra1n yang menggunakan metode ini, diperlukan sambungan ke komputer sekali untuk melakukan jailbreak, dan dapat digunakan terus hingga user melakukan reboot atau device mati. 

4. Tethered Jailbreak

Tethered Jailbreak adalah jenis jailbreak yang efektif hanya untuk satu kali booting saja alias jika device reboot atau mati status jailbreak akan hilang dan untuk menghidupkan devicenya lagi device harus di re-jailbroken atau jailbreak ulang dengan bantuan toolnya. Jailbreak awal yang rilis untuk iPod Touch (2nd generation) sebelumnya adalah tethered, sampai the hybrid dev team merilis 0x24000 Segment Overflow. Codename untuk tethered jailbreak adalah redsn0w Lite. 


Segitu saja untuk jenis-jenis jailbreak sekarang mari kita kenal istilah umum yang digunakan di jailbreak.

Istilah Umum dalam Jailbreak

Resprings

Merestart springboard, biasanya digunakan saat selesai menginstall tweak atau merubah setting pada springboard. Springboard ini adalah daemon yang mengontrol iPhone, sama halnya seperti Services di Windows.

Uicache

Untuk merefresh cache atau simpanan sementara semua icons, biasanya berguna untuk mengatasi icons yang hilang atau tidak muncul.

LDrestart

Seperti reboot tapi tidak sampai membuat device mati total, dengan cara membiarkan kernelnya hidup.

Reboot

Atau merestart device, tergantung jenis jailbreak dengan reboot kalian dapat kembali ke original state/non-jailbroken.

DFU Mode

Mode ini biasanya digunakan untuk upgrade firmware dengan cara merestore device. checkra1n melakukan proses jailbreak melalui DFU Mode.


Sekian untuk artikel ini, jika ada pertanyaan saya akan mengupdate artikel dengan pertanyaan kalian!