checkra1n, Tool Jailbreak Pertama untuk iOS 13

checkra1n, Tool Jailbreak Pertama untuk iOS 13


Tidak terasa setahun! Awal mula dari jailbreak untuk iOS 13, bahkan sekarang iOS 14 sudah rilis.checkra1n adalah tool jailbreak pertama yang dirilis untuk umum, pada bulan November tahun lalu.

checkra1n merupakan jailbreak yang berdasar dengan exploit checkm8, yang datang dengan beberapa limitasi yang paling besar adalah tidak mensupport device yang menggunakan chipset A12 keatas. Untuk bahasan tentang tool jailbreak yang dapat digunakan di device dengan chipset A12 keatas akan saya bahas di artikel selanjutnya. Selain itu jailbreak ini berjenis "tethered" yang berarti jika device reboot atau mati device akan kembali ke status semula. Apalagi checkra1n tidak dapat langsung digunakan di OS Windows, kalian harus booting menggunakan 3rd party application lagi. Sementara ini checkra1n dapat digunakan secara langsung di MacOS dan Linux.

Tapi! checkra1n ini adalah tool yang sangat groundbreaking, bahkan dapat digunakan di Apple TV, dan Homepod. Karena berbasis checkm8, asalkan device kalian disupport, tool ini akan selalu dapat digunakan bahkan jika ada iOS/iPadOS baru yang rilis. Dari segi stabilitas, saya pernah menggunakan checkra1n kurang lebih selama 3 bulan tanpa ada hambatan apapun, asalkan tweak yang kalian install itu tidak bermasalah/tabrakan dengan tweak lain. Tidak lupa juga, checkra1n sudah support iOS 14!

Untuk mendownload checkra1n kalian dapat mengakses websitenya disini.