Apa itu Jailbreak?

Apa itu Jailbreak?

iOS Jailbreaking atau lebih dikenal dengan Jailbreaking adalah sebuah privalage escalation di sebuah Apple Device yang membuat device kalian dapat menghilangkan batasan yang diberikan oleh Apple. Bukan hanya di iOS tapi jailbreaking dapat dilakukan hampir di semua software Apple seperti iPadOS, tvOS. Hal ini dapat dilakukan dengan mengeksploit bug yang ada di software Apple biasanya dipanggil kernel exploit, tapi disini kita tidak akan terlalu berfokus dengan hal yang diperlukan untuk jailbreak developing.

Proses Jailbreak dengan checkra1n


Apple sebenarnya melarang usernya untuk melakukan jailbreak karena dapat mengakibatkan berbagai macam hal yang tidak dapat ditanggung dengan garansi dari Apple, alias garansi device kamu akan hangus. Selain itu piracy di jailbroken device juga mudah untuk dilakukan.

Amankan jailbreak untuk device kita?

Hal ini memiliki berbagai faktor seperti proses saat kalian melakukan jailbreak, dan tweaks. Jika kalian mengikuti proses dengan baik jailbreak pasti akan aman saja untuk device kalian, dan jika tidak bisa menyebabkan bootloop dimana device kalian akan gagal melakukan booting dan terus mengulang booting, ini juga sering dikenal dengan brick.

Kenapa melakukan jailbreak?

Dari pengalaman saya, banyak fitur yang dapat di eksplor saat device kalian terjailbreak. Mulai dari mengubah tampilan dari icon hingga tampilan UI lainnya bisa kalian customize dengan tweak tertentu. 
Unlocking Carrier, Bypass iCloud dan berbagai macam hal dapat dilakukan. Jadi tergantung dari user, memerlukannya untuk apa.

Apa selanjutnya?

Saya akan membahas bagaimana cara melakukan jailbreak di iOS untuk iPhone 5s sampai X. Tunggu artikel JailbrokeN selanjutnya!